Kirain gak bisa..


Hai guys,hehe udah lumayan lama gak nyentuh2 blog.. Nah,karena kemaren aku sibuk banget ngurusin sesuatu di luar sana.. So hari ini aku mau ceritain pengalaman baru aku beberapa minggu ini..
Seperti yang kalian udah baca di postingan sebelumnya.. Yapp aku adalah salah satu member dari organisasi yang berfokus ke “leadership development” yang gak lain dan gak bukan adalah~~~~


Yeayy!! AIESEC!! 

Nah buat kalian yang non AIESECer aku mau jelasin sedikit nih.nah,jadi AIESEC itu ga cuma ada di UNDIP,tapi di indonesia itu AIESEC ada di lebih dari 20 entitas. Selain itu,AIESEC itu gak cuma di bawahi sama pengurus per-entitas, tapi juga di bawahi sama AIESEC INDONESIA,dan AIESEC INTERNATIONAL. 

Pasti sekarang kalian berfikir “internasional? Emang AIESEC ada di negara mana aja sih?” Hahaha AIESEC INTERNATIONAL membawahi AIESEC di 127 negara di dunia guys.. Makanya networking kita di AIESEC itu bisa seluas itu 🙂
Ok,balik ke obrolan awal. Bulan juli lalu,aku resmi jadi bagian dari “national board” AIESEC Indonesia, dimana tugas aku adalah mengkoordinir salah satu “Big Project”nya AIESEC indonesia di beberapa kota. Dan itulah ekspektasi aku ketika dulu aku daftar di posisi ini.


*maaf ada yg ditempel karena dia ga dateng waktu itu*

Time flies sampe pertengahan juli, dimana team leader aku (Vice President PR) harus pergi ke Polandia untuk International Congress. Mean while, di indonesia kita lagi ada conference regional. Saat iti juga team leader aku mulai membagi job description sebagai Fasilitator per regional.

  1. East region-pefi(surabaya)
  2. West-dion,wine(bandung)
  3. Central-aku,beta(UNDIP)

Ngobrol2 tentang fasilitator. Jadi kalau di conference,Fasilitator itu adalah sebagai pemateri,bisa per departemen atau sesi besar yang semua peserta menjadi audiecenya.
Conference kali ini namanya adalah “National Leadership Conference” dimana aku dapet 2 sesi yaitu sesi PR dalam departemen dan PR dalam big session. 
Seneng ga put jadi Faci? YAIYALAH!

Deg-deg an ga put? PARAHHH! Bayangin aja gue harus nyampein sesi didepan 100 orang yang semua matanya tertuju ke gue,dan ga cuma itu,kalau gue salah penyampaian,itu sama aja menyesatkan satu regional men! Gimana ga gemeteran gue..
Tapi tenang! Gue di sana ga sendiri kok.. Gue nyampein sesi selalu bareng sama temen gue beta. Di sesi yang cuma ber 11 sama anak PR seregional sih santai,karena jatohnya lebih ke sharing2 gitu.. 


TAPIII!! di hari ke 3 dimana aku harus nyampein sesi di atas panggung dan didepan 100 orang.. Yes! Bibir gue berhasil pucet selama satu jam sebelum sesi! Haha rasanya campur aduk! Lo harus coba!
Tapi dengan surrounding yang supportive mereka nyemangatin aku dengan berbagai cara,mulai dari “ayo putty beta pasti bisa kok” sampe “yaelah hati-hati lo kalah inspiring sama sesi gue” supaya gue tertantang untuk giving the best session. Dan taraa!!


Ternyata semua rasa takut hilang gitu aja waktu gue udah didepan.. Dan satu hal yang gue yakini adalah “gue udah berusaha sekuat mungkin untuk nyampein sesi ini dengan baik.target gue gak banyak, cukup bisa nyampein sesi ini lebih baik dari waktu gue latihan” dan keyakinan itu membawa gue ke penyampaian yg bener2 rilex dan lepas.

Setelah selesai sesi beberapa orang nyamperin gue dan bilang “yey benerkan bisa” “gimana? Lega kan?” Dan lain sebagainya..
Dari situ gue belajar,dimana musuh yang paling bahaya dalam menjatuhkan diri kita itu rasa takut yang ada dalam diri kita sendiri. 

Once you kill it,you will break it!

My biggest thanks for my team leader kak Nadira Natasya karena udah kasih aku kesempatan untuk Ngerasain experience ini..

For the one and only agenda manager kak Zulfikar Tito yang selalu bantuin aku sm beta bikin sesi as keren as possible haha 


For the beloved chair kak Afifa Urfani yang selalu ngasih masukan dan menginspirasi aku sama beta dalam menyampaikan sesi..

Buat BETA HAEDAR partner ngefaci!! Yang selalu bentrok waktiu tidurnya!!

Buat orang2 yang sangat agile di conference dan membuat ke-agile-an tersendiri di conference

Kak hanif,Nyai,Kak Niko dan Kak Njum 


Dan!!!!! Terimakasih sebanyak2nya kepada… 

All the NLC team!! Conference committee team,Fasilitator Team dan juga the Live team!! Karena kalian adalah support system aku banget selama conference! 
So,buat kalian yang punya mimpi yang pingin banget dicapai tapi kalian mikir kl kalian gak bisa, gak ada salahnya kan kalian coba?  

You never know if you never try

So,yakin masih takut untuk mencoba?

Leave a Reply

